Biologi dan kehidupan :)

Biologi dan kehidupan :)
Rerumputan hijau diterpa matahari yang menyembul di balik awan

2013/12/02

Kesan dan Pesan Untuk Asisten Fisika

Nama: Nur Afiyah Sulaiman                                              
NIM: H411 13 504
Fak/Gol: MIPA/H6 Genap


Pesan dan kesan untuk Korum
~Kak Hendri
Pertama kali masuk LFD dan melihat kak Hendri ... Saya langsung berpikir...”Wah, amazing! Ternyata laboratorium Fisika Dasar tak se- menyeramkan apa yang saya kira... Koordinator Umum yang dalam pikiran saya harusnya jadi orang yang paling sangar saja sesantai dan sehumoris kak Hendri” Tapi agak waspada ka juga iya pas dijelaskan soal keberlangsungan labnya.
Kak Hendri orangnya sangat simple... dibandingkan antara asistensi umum LBD sangat beda jauuuhhhh.... (kak jangki ma’jamma nah J ) kami merasakan perbedaan yang sangat jelas antara keduanya...  kayak langit dan bumi –ideeh lebbay mi seng-
Waktu asistensi umum pertama saya belum bisa ingat nama kakak, namun saya akhirnya ketika kak Hendri menyuruh kami membawa sunlight dan tissue sekali itu saya dengar nama kakak disebut teman kami (alm. Faldi) lalu saya langsung mencatatnya, mengingatnya dan menghapal baik-baik nama itu. Entah kenapa mulai saat itu saya pun tidak lagi lupa nama kakak. Mungkin karna jarang ada nama panjang yang hanya terdiri dari satu kata saja.
Saya harap praktikum selanjutnya kak Hendri bisa sesekali datang saat praktikum dan melihat kondisi berlangsungnya praktikum karena meskipun ada koordinator golongan namun jangan sampai seakan-akan koordinator umum tak lagi berperan langsung dan berlepas tangan di hadapan praktikan.
Pesan dan kesan untuk Korgol
~Kak Muh. Fawzy Ismullah
Pas kak Fawzy seakan “menyamar” diantara kami sewaktu kak Hendri menjelaskan tentang asistensi golongan... Saya sudah mencurigai kakak sebagai ‘orang asing’ diantara maba Biologi. Yah, jelas saja... Masa iya ada maba yang berani berambut sepanjang itu? So, ketika kak hendri menyebutkan bahwa korgol telah ada diantara kami tanpa kami sadari saya langsung mengarahkan pandangan pada kakak yang sedari masuk sudah terlihat berbeda dari teman-teman biologi lainnya. Bahkan saat itu saya belum melihat wajah kak Fawzy untuk dideteksi sebagai selain maba biologi. Lagipula juga tak kan berpengaruh banyak karena saya memang tak terlalu mahir mengenal muka orang-orang baru dalam waktu sekejap.
Dan kecurigaan saya terbukti.. Memperkenalkan diri sebagai Muh. Fawzy Ismullah dan memakai baju seragam corps asisten LFD Kak Fauzy semakin menguatkan citra lab fisika sebagai lab yang ‘tak usah neko-neko just enjoy this life” dengan penjelasan tentang “How to make laporan mengenai makan” yang amat segar dan tidak membosankan.
Asistensi berikutnya lebih-lebih... Karena kami diharuskan membuat hiburan sebelum mengambil buku penuntun, sampul laporan, dan sampul TP. Asli kocak habis mengocok perut... Kata kak Fawzy waktu itu karena nanti kami tidak bisa lagi tertawa seperti itu...
Pesan dan kesan untuk tiap Asisten  
~Kak Muh. Khaerul As’ad  
Kak As’ad adalah asisten yang pertama kali saya dapatkan di laboratorium fisika. Selain paling lama (2 percobaan) menjadi asisten kami, juga merupakan salah satu asisten yang sangat memberi ‘kesan’ pada teman-teman.
Percobaan DPK misalnya menjadi sangat berkesan buat saya karena sangat meribetkan yang bahkan setelah saya kerahkan semua kemampuan saya namun laporannya tak jua selesai tepat waktu –untung kak As’ad orgnya kompromian- dan asistensinya malam-malam sampai jam 9 dan saya mencari pete-pete di depan rektorat tapi tak ada satu pun pete-pete yang melintas sehingga saya jalan kaki sampai pintu 1 sambil masih berharap ada pete-pete yang lewat dari arah itu. Namun sampai saya menyeberang tak ada yang lewat pintu 1. Saya belum tahu kalau semua pete-pete yang masuk ke Unhas itu keluar dari pintu 2.
Sedangkan percobaan Modulus Young berjalan lancar pengerjaannya walaupun saat diharuskan asistensi jam 6.00. Waktu itu saya sudah bangun lebih pagi dan mempersiapkan diri ke kampus kemudian salat subuh, sarapan dan diantar Abi saya secepat kilat namun tetap saja telat. Saya terlambat 30 menit sehingga laporan dimines 0,3. Sebenarnya hanya telat 20 menit tapi saya ragu-ragu menyerahkan laporan saya dan membiarkan teman dari jurusan Matematika yang ikut praktikum di kelompok kami untuk asistensi lebih dulu.
Semoga lain kali kakak tidak perlu lagi mengambil waktu yang ektrim seperti terlalu malam atau terlalu pagi untuk menyatukan jadwal praktikannya.
~Kak Sri Wahyuni
Mendengar kata Viskositas saja saya sudah mengantisipasi diri untuk respon. Jujur, kata itu masih agak asing di telinga saya meskipun pernah baca namanya di buku SMA dulu. Tapi ternyata namanya saja yang seperti bahasa ilmuwan yang biasanya ada dalam kamus Andrea Hirata menyebut isi kepala Lintang. Dari Nhu-hie saya tahu kalau percobaan ini tidak ribet dan se-merepotkan yang saya pikir, selain itu Nhu-hie bilang kak Sri Wahyuni tidak galak dan sangat baik hati. Dan memang seperti itu ternyata... Bahkan kakak tidak marah-marah saat TP kami bukan bertuliskan namanya.
Saya pun sangat bersyukur...Dan cukup bersyukur pada nilai yang saya dapat yang ditambah 0,5 lagi menjadi nilai 80. Semoga nilai saya itu bisa dibulatkan menjadi 80 dan kalau bisa ditambah jadi 80,1 hhe J.
~Kak Rhamadhana Sultan
Percobaan Pendinginan Newton kami dilaksanakan bersamaan dengan golongan H6 Ganjil. Mungkin itulah pula sebabnya laporan kami memakan waktu yang cukup lama untuk diperiksa.
Kak Dhana orangnya baik. Hanya saja mungkin kakak agak kewalahan saat harus mengatasi jumlah praktikan yang dua kali lipat dari jumlah normal. Sehingga pada waktu itu saya merasa kurang berkomunikasi langsung dengan kakak. Tapi pada saat menyerahkan laporan untuk dinilai saya melihat bahwa kak Dhana orang yang bersahabat dan murah senyum.
Semoga di lain hari kami bisa lebih mengenali kakak dengan baik dan benar         -hmdedeh ndak tau deh kak apa ku bilang itu mengenali dengan baik dan benar kayak apa saja... pusingma bikin kata-kata untuk dipesankan pada kakak asisten jadi begini kak...-.

~Kak Nur Najmiah T. L.
Kak Najmiah orangnya baik, terutama pada kelompok kami yaitu kelompok 1 (satu) genap. Karena berdasarkan kabar burung yang rahayu dengar katanya kalau kakak respon sangat cepat tiap nomornya. Dan oleh karena itu, saya merasa sangat beruntung dan berterima kasih karena kak Najmiah tidak memperlakukan kami seperti itu dalam respon. Bahkan kak Najmiah sangat pengertian dan perhatian dalam membimbing kami melakukan percobaan Gerak Osilasi.
Satu hal yang saya ingat adalah soal repon nama-nama asisten dan percobaan yang dibawakan. Pada saat itu kak Najmiah memanggil saya untuk melihat tulisan teman saya Ayu Adriani yang menuliskan ‘Nur Nacmiah’ sebagai nama kak Najmiah dalam responnya. Untungnya saya bisa menuliskan nama asisten dengan baik dan benar dalam respon hari itu...
Kemudian waktu kami mencari dan menunggu kakak di LFD juga kakak sangat baik... Pada awalnya memang ada ketidakjelasan sehingga nasib asistensi kami jadi ta’gattung... Namun untungnya setelah ditelpon dan berbicara dengan Numa, kakak akhirnya memberikan kepastian secara jelas untuk tidak usah menunggu sampai maghrib seperti yang teman-teman kami pernah lakukan... Akan tetapi cukup menyimpan laporan di ruang asisten... dan karenanya setelah salat Ashar saya bisa menyempatkan diri menjenguk teman saya di rumah sakit. Mungkin kalau kakak menahan saya untuk tinggal di kampus dan saya tidak pergi menjenguk Rifaldi saya bisa menyesal berkepanjangan karna tidak sempat menjenguk Ketua kelas kami itu :’(.
~Kak Muh Fawzy Ismullah
Seperti yang telah saya jelaskan pada kesan dan pesan untuk Koodinator Golongan di atas, kak Fawzy itu orangnya baik, humoris, dan lebih suka menyederhanakan masalah yang rumit daripada merumitkan masalah sederhana.
Hari terakhir lab waktu itu saya tidak menyangka kak Fawzy lah yang menjadi asisten kami. Meskipun saya sempat heran karena kakak sedari respon pintu untuk orang yang tidak pernah gares selalu menanyakan siapa yang masuk di percobaan Optik/Lensa. Dan lebih suprise lagi karena tidak ada respon untuk percobaan ini.

Kata kak Fawzy, percobaan ini paling simpel tapi paling panas. Dan dengan cara menjelaskan yang sangat tidak membosankan itulah kak Fawzy menerangkan segala urusan dari pusat sampai ke sudut-sudutnya. Selain itu, kak Fawzy sangat pengertian mengenai masalah asistensi. Berkali-kali tertunda karena kami malayat ke Takalar lah, Ada jadwal kuliah lah... namun kak Fauzy tetap memberikan keluwesan, kelonggaran dan sifat fleksibel dari seorang asisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar